Tips Berbisnis Dengan Internet Online

Published August 11, 2012 by keinapakkein

Image 

Memulai bisnis secara online, tidak ada bedanya dengan bisnis secara offline. Modal usaha juga kreatifitas adalah salah satu hal yang utama dalam berbisnis. Dan dengan berkembangnya dunia teknologi saat ini,tentulah memberikan peluang tersendiri kepada mereka yang ingin berbisnis melalui internet online. Selain pemasaran yang mudah, bisnis online pun lebih menguntungkan dari segi pemasarannya. Bayangkan jika anda harus selalu memasarkan produk anda secara langsung. Apa tidak akan membuang waktu anda ?

Dengan berbisnis secara online, anda hanya memerlukan koneksi internet dan seperangkat komputer untuk dapat mengelola produk yang akan anda pasarkan tersebut. Mudah bukan ?

Selanjutnya, bagaimana agar bisnis online yang anda jalani berjalan dengan baik, berikut tips nya untuk anda.

1. Masuklah ke beberapa media sosial yang sering dikunjungi oleh para surfer alias peselancar internet. Seperti contohnya : Facebook, Twitter, Kaskus, Toko Bagus, Berniaga, dan Indonetwork. Kenalkan produk-produk yang akan anda jual tersebut disini.

2. Bangunlah website pribadi. Saat ini, sudah banyak aplikasi dan perangkat lunak yang menyediakan pembuatan website gratis. Contohnya : Tumblr, Blogspot, dan Google Site. Anda bisa merancang, merubah tampilan, dan memperbaharui produk yang akan anda pasarkan sesuai dengan keinginan anda. Pada akhirnya, website anda akan menjadi ruang kerja bagi anda nantinya.

3. Perbanyak relasi. Tidak semua pebisnis menggunakan metode ini untuk memasarkan produk-produknya. Dalam hal ini, anda bisa menawarkan kerja sama agar bisa memasarkan produknya melalui internet online yang telah anda kelola sebelumnya. Baik media sosial maupun website tersebut. Selain menambah item penjualan, anda pun tentu akan memiliki keuntungan financial tersendiri.

4. Perbanyak diskusi dengan para surfer. Website yang anda kelola, akan lebih baik jika disediakan wadah bagi para pengunjung untuk memberikan komentar maupun respon terhadap produk anda.

5. Jujur. Jika anda serius dengan bisnis anda, maka jangan pernah sekalipun melakukan penipuan terhadap konsumen. Baik dari segi kualitas barang, pengiriman barang, maupun harga barang itu sendiri. Bisnis online seperti ini sangat rentan akan penipuan, karena sang konsumen harus membayar terlebih dahulu sebelum barangnya dikirim.

6. Ramah. Tamu adalah raja, itu benar. Anda harus dapat melayani setiap pertanyaan, komentar, maupun keluhan dari konsumen dengan baik. Umumnya, konsumen tidak akan merespon produk anda, jika anda tidak bersikap ramah padanya.

7. Yakin. Jika dalam beberapa waktu bisnis anda belum menunjukkan hasil apapun, jangan anda akhiri saat itu juga. Tidak ada suatu hal pun yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Jadi, jangan pernah menyerah dan teruslah ciptakan kreatifitas anda.

Sebagai pemula, mungkin solusi terbaik sebelum terjun kedalam bisnis online, ada baiknya anda melakukan pendekatan secara personal pada orang-orang, blogger, ataupun pengusaha yang lebih dulu sukses sebelum anda, dan jadikanlah ia sebagai motivator bagi anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: