Legenda Raden Kamandaka di Gua Jatijajar

Published July 17, 2012 by keinapakkein

 Gambar 

Pernah mendengar cerita tentang Lutung Kasarung ?

Perlu diketahui bahwa zaman dahulu sebagian dari wilayah Kabupaten Kebumen, adalah termasuk wilayah kekuasaan Pajajaran. Dahulu kala, seorang Putera Mahkota bernama Raden Kamandaka melakukan perjalanan dari Tangkuban Perahu ke arah Timur guna mendapatkan seorang putri yang akan dipersuntingnya kelak dan ia pun bertapa pada sebuah gua yang kemudian mendapat wangsit. Niatnya akan tercapai setelah ia mendapatkan pakaian “Lutung”. Cerita legenda ini mengingatkan kita akan tempat yang menyimpan kisah-kisahnya.

Jika tour anda berhenti di Jawa Tengah, kurang lengkap kalau tidak berkunjung ketempat satu ini.

Gua Jatijajar, adalah salah satu obyek wisata yang berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Gua yang saat ini memiliki  jumlah diorama sebanyak 8 buah dengan patung-patungnya sebanyak 32 buah, mengisahkan cerita legenda mengenai Raden Kamandaka atau yang kita kenal sebagai Lutung Kasarung. Namun tidak banyak yang mengerti bagaimana membaca kisah lewat diorama-diorama tersebut, dikarenakan kurangnya pengetahuan yang diberikan kepada pengunjung. Jadi ada baiknya anda didampingi oleh pemandu wisata saat berkeliling menikmati keindahan tempat wisata ini.

Gua Jatijajar, benar-benar menawarkan keindahan yang tak terbatas. Di dalamnya anda akan melihat lampu-lampu bersinar terang dari ujung ke ujung. Bebatuan stalagtit, juga pilar atau tiang kapur menambah keindahan Gua dengan airnya yang masih mengalir dan menetes pada ujung-ujungnya. Sinar matahari pun tak kalah indahnya, menerobos masuk kedalam gua dan memberikan kesan indah tersendiri. Patung-patung berwarna putih berukuran manusia benar-benar sempurna untuk mempcantik isi Gua.

Keindahan tak berhenti sampai disitu. Sampai anda menuruni tangga yang berada pada ekor Gua tersebut. Anda akan tahu, bahwa Gua ini memiliki beberapa sumber mata air yang disebut juga dengan Sendang. Jumlah Sendang yang ada sebanyak 4 buah. Sendang Mawar adalah salah satu Sendang selain Sendang Puser Bumi, Sendang Jombor, dan Sendang Kantil, yang kerap kali dipercayai mempunyai kekuatan gaib yang bisa membuat seseorang tetap awet muda dengan cara membasuhkan muka anda dengan air tersebut.

Mengingat batu-batuan yang ada di Gua Jatijajar ini sudah sangat tua, maka di muka Gua dibangun patung binatang purba dinosaurus sebagai simbol kepurbakalaan. Dari mulut patung tersebut, mengalir air dari Sendang Mawar yang kerap kali airnya digunakan anak-anak kecil untuk berendam atau bermain.

Tertarik mengunjungi tempat wisata ini saat liburan ? Nah, sedikit travel tips bagi anda yang berkesempatan mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh Jenang untuk keluarga dirumah ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: